Lo-Fi, Musik Kalem yang Bikin Ngantuk

Memang musik yang satu ini bisa membuat saya dan kamu mengantuk karena mendengarkannya, tapi beda kalau yang aliran Dark Lo-Fi. Bukannya bisa tidur, kita malah akan merinding mendengarnya.

Saya termasuk orang baru yang mendalami musik Lo-Fi, biasanya suka mendengarkan musik aliran apa, sob?

Musik Deathcore adalah aliran musik yang sampai saat ini masih saya sukai dan minati karena apa? Karena bagus. He-he.

Grafiti seorang gadis anime yang sedang minum kopi.

Tapi di artikel ini saya tidak akan membahas tentang musik Deathcore, tapi Lo-Fi. Musik yang satu ini juga tidak akan membuat kita mengantuk kalau sambil minum kopi.

Ha-ha.

Kenapa musik Lo-Fi membuat kita mengantuk? Akan saya jawab menurut pikiran saya secara sederhana dan mudah dipahami.

Jawaban saya: itu karena musiknya kalem, sob. Saya di pagi hari dulu suka mendengarkan musik Deathcore karena berisik dan membuat semangat saya membara, walaupun tidak semua lagu yang saya dengarkan paham artinya, saya masih belajar bahasa Inggris, sob.

Jadi, instrumen yang ada di musik Lo-Fi itu membuat kita tenang karena lambat, bukannya berisik seperti musik Deathcore.

Saya juga sering mendengar orang-orang yang mengatakan bahwa musik Lo-Fi bisa membuat kita berkonsentrasi dalam belajar atau membaca tulisan.

Apakah memang seperti itu dan apa alasannya?

Iya, memang benar musik Lo-Fi bisa membuat otak kita berkonsentrasi. Itu karena tempo yang disajikan dalam sebuah musik Lo-Fi seperti tadi yang saya bilang: lambat dan kalem. Ini membuat detak jantung dan otak kita menerima informasi dari musik yang kita dengar dengan santai, tidak rusuh.

Manfaat mendengarkan musik Lo-Fi.

Akan saya rangkum dan katakan dengan jelas dari tulisan yang tadi kamu baca. Mendengarkan musik Lo-Fi bisa membuat kita mengantuk lalu cepat tidur, konsentrasi jadi meningkat, dan satu tambahan yang belum saya tulis: membuat diri kita seolah-olah berada dalam suasana yang dikeluarkan oleh melode lagu tersebut.

Dan apakah membaca artikel ini sambil mendengarkan musik Lo-Fi bisa membuatmu fokus dengan apa yang kamu baca, bukannya dengan memikirkan gebetan? Ha-ha. Silahkan dicoba sendiri dan komentar di bawah kalau ternyata memang berhasil.

Sebelum bereksperimen, berikut ini sudah saya siapkan playlist musik Lo-Fi yang saya coba dengar di YouTube. Ada dua playlist yang akan saya berikan, diantaranya: Chinese Lo-Fi, Dark Lo-Fi, dan Lo-Fi Indonesia.

Komentar

Postingan Populer